Hubungan Intim Awal Kehamilan, Apakah Aman?

Hubungan intim yang dilakukan pada awal kehamilan, terutama pada trimester awal atau tiga bulan pertama, seringkali dianggap tidak aman dan justru membahayakan untuk ibu serta janin yang dikandung. Namun, benarkah demikian? Sebelum melakukan hubungan intim awal kehamilan, satu hal yang harus dilakukan adalah berkonsultasi pada dokter kandungan yang memeriksa. Ini agar kehamilan dapat dipastikan tidak termasuk kehamilan yang beresiko. Jika kehamilan masih termasuk kehamilan normal, maka hubungan intim pada saat awal kehamilan masih dapat dilakukan. Akan tetapi, tentu saja hubungan intim tetap harus dilakukan dengan cara aman agar tidak membahayakan janin.

 

Posisi janin sendiri terlindung oleh cairan ketuban sehingga relatif aman bagi ibu untuk melakukan hubungan intim selama masa awal kehamilan. Posisi yang disarankan adalah posisi yang tidak menekan janin dalam perut. Orgasme yang terjadi pada saat hamil sendiri termasuk aman. Akan tetapi, ibu tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi tanda-tanda seperti kram atau nyeri pada perut pada saat berhubungan intim, keluar cairan ketuban serta pendarahan. Hubungan intim awal kehamilan juga harus didiskusikan terlebih dahulu bersama pasangan. Terutama untuk ibu, mungkin akan merasa tidak nyaman sebagai pengaruh dari hormon yang keluar pada saat kehamilan.

 

Jika ibu memang merasa tidak nyaman terutama karena morning sickness, kelelahan serta merasa khawatir dengan kehamilan yang sedang dijalani, maka akan lebih baik untuk menunda hubungan intim sampai waktu yang tepat. Komunikasikan dengan pasangan agar mengerti dan dapat memahami kondisi kesehatan saat itu. Apalagi jika kehamilan ternyata beresiko untuk mengalami keguguran apabila melakukan hubungan intim, akan sangat disarakan untuk tidak melakukan hubungan intim awal kehamilan. Demikian adalah uraian terkait hubungan intim yang aman dijalani di awal masa kehamilan, terutama pada bulan-bulan awal kehamilan. Semoga uraian di atas dapat menjadi pengetahuan baru dan menambah wawasan kita terutama pasangan suami istri dalam melakukan hubungan intim. Informasi lainnya dan tips terkait hubungan intim dapat diperoleh di situs ejakulasidiniku.com.